Kamis, 05 Februari 2009

Fokuskan Promosi Daerah

EPARA - Promosi dampaknya tidak bisa dirasakan langsung. Meski demikian, promo berbagai potensi daerah ke luar Jepara bahkan ke luar negeri melalui internet, pameran dan lain-lain harus dikembangkan terus karena kunci kemajuan dunia pariwisata terletak pada faktor ini.

Samsul Arifin, salah seorang pengurus Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Kabupaten Jepara mengatakan potensi wisata di Jepara sangat banyak dan beragam. "Mulai dari potensi alam dan non alam sangat banyak serta bervariasi. Sudah selayaknya potensi ini dikembangkan secara maksimal," tandasnya.

Promosi memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Meski demikian, jika upaya ini dilakukan secara kontinyu dan berkelanjutan, maka hasilnya bisa dinikmati pada masa-masa yang datang.

Bulan Kunjungan Jepara salah satu program kunjungan wisata yang digagas dan dikembangkan Pemkab Jepara saat ini menurut Samsul patut diapresiasi. "Ke depan berbagai program serupa juga mesti dibuat secara berkesimbungan sehingga memberikan efek positif," ungkap pria yang bertubuh gemuk ini baru-baru ini.

Bukan hanya Pemkab yang punya peran melakukan promosi. Masyarakat termasuk pelaku usaha di bidang pariwisata seperti travel, sentra-sentra industri maupun masyarakat pada umumnya ke depan bisa bersama-sama mempromosikan potensi wisata di Jepara.

"Bagaimana memanfaatkan dan memaksimalkan potensi dengan melibatkan masyarakat secara luas hasilnya lebih efektif. Partisipasi warga bisa mempercepat langkah promo. Di tingkat terkecil misalnya, promosi dari mulut ke mulut bisa membantu kunjungan wisata ke Jepara," tandasnya. (zis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar